Friday, April 9, 2010

Tips Menghindari Copet di Bus Kota

Meskipun penduduknya ramah, tapi para copet yang beroperasi di bus-bus kota tidak terlalu baik hatinya. Asal dompet terlihat, tangan copet menyikat.... untuk itu berhati-hatilah saat di dalaam bus. Untuk mengurangi resiko kecopetan, saya tuliskan beberapa tips menghindari copet di bus kota.

1. Jangan memakai perhiasan atau barang-barang yang berharga selama di bus kota. lebih baik ga tampak keren kan daripada kehilangan barang berharga yang beken?????

2. Jangan sekali-sekali mengeluarkan Hp, apalagi seri terbaru soalnya copet suka dengan barang-barang seperti ini, selain mahal, Hp juga ringan serta mudah digenggam... (kalau Hp yang produksi tahun 1945 sih g pa”, dikasih aj pencopetnya ogah...hehehe)

3. Jangan berpikir copet itu berpakaian sembarangan atau berpakaian seperti preman (kalau berpakaian seperti itu, sebelum punya niat nyopet, juga udah di teriakin copet duluan..).. Copet biasanya berpenampilan menarik, mereka berpenampilan layaknya seorang mahasiswa, jadi jangan mudah percaya dengan sosok rapi nan gagah, karena bisa jadi ternyata copet.

4. Copet juga biasanya berkelompok, terdiri dari 5 - 7 orang. Jika di dalam bus, mereka akan bertingkah laku seolah ga kenal satu sama lain. Waspadai penumpang yang naiknya bergerombol tapi mereka sok merasa ga kenal. Karena bisa jadi mereka adalah copet.

5. Gunakan uang pas atau recehan, selain memudahkan kernet bus, tipe uang seperti ini juga agak tidak disukai copet (ternyata copet matre juga ya)...

6. Bawa tas yang bahannya kuat dan ga mudah dibuka. Ada baiknya selama perjalanan dekap tas kuat-kuat (kaya di dalam tas ada uang 100 juta juga g pa”, walaupun kenyataanya cuma ada 100 ribu).. Copet akan cukup pusing kalau menghadapi trik ini (mpe botak-botak deh copetnya)..

7. Sebaiknya pisahkan surat-surat berharga dengan dompet anda, karena kehilangan surat berharga akan lebih sulit mengurusnya.

8. Nah ini yang paling sial, kalau merasa sudah tercopet, segera lapor ke pak sopir. Jika pak sopirnya pemberani maka akan segera di bawa bus tersebut k kantor polosi beserta isi-isinya...

9. Saat ini sudah ada bus trans jogja, jika ada halte yang dekat dengan tempat tujuan anda, sebaiknya lebih baik memilih naik bus trans jogja, daripada naik bus kota...


Dengan mengikuti tips ini semoga dapat menghindarkan saudara menjadi korban pencopetan...tetapi jika masih saja kecopetan berarti itu derita loe.....hehehe

*Salam sukses*

0 comments:

Advertise

e>