Sunday, April 11, 2010

Tips memaksimalkan masa kuliah

Jika tujuan utama dateng ke Jogja adalah untuk menuntut ilmu dan berguna bagi nusa bangsa, berarti anda hanya mempunyai jatah waktu paling lama 5 tahun (kecuali kalau molor) tinggal di Jogja. Untuk itu tetapkan visi misi ketika pertama kali dateng ke kota ini, supaya ketika selesei kuliah nanti, dapat membangun kampung halaman dengan baik....hehehe...Nah, ini beberapa tips memaksimalkan masa kuliah temen-temen....


1. Tetapkan cita-cita karena nantinya cita-citalah yang akan memudahkan kita untuk memilih bidang yang kita sukai.

2. Ambil mata kuliah secukupnya jangan rakus. Tapi juga jangan sedikit, biar ga kelamaan lulusnya. Biasanya sih udah ada jatah sks dari kampus.

3. Ikuti salah satu kegiatan mahasiswa, dari sanalah kita akan mendapatkan pengalaman berkomunitas dan bersosial, yang nantinya akan berguna ketika kita lepas dari kampus tercinta. Tapi inget, jangan banyak-banyak biar kuliahnya ga terbengkalai.

4. Ikuti seminar, diskusi, pameran, bedah buku atau kegiatan apapun yang memperkaya referensi kita.

5. Jangan membatasi pergaulan dengan ras atau suku lain. Inget, Jogja adalah Indonesia kecil. Seluruh suku yang ada di indonesia mengirimkan orang terbaiknya ke kota ini. Alangkah baiknya jika sepulang dari kota ini kita punya saudara-saudara di ujung negeri.

6. Sering-seringlah membeli buku, meskipun mahasiswa identik dengan kantong tipisnya, tapi tetep galakan membaca. Jogja mempunyai tempat – tempat yang menyediakan buku dengan harga sangat murah.

0 comments:

Advertise

e>