Tuesday, April 13, 2010

Blog

Kalian pasti sering denger blog. Apa sih blog itu?? Kalau orang yang punya rasa pengen taunya tinggi pasti langsung tanya, blog tu ap?? Atau langsung dateng ke warnet trus tanya ke om google. Tapi kalau orang yang rada “cuek atau g pengen tau” palingan juga bilang “ g penting ah!”...Nah, kalian termasuk golongan yang mana??
Di artikel kali ini saya akan membahas tentang apa sih blog?? Mungkin ada juga yang berpikir “apa aku bisa punya blog y?” jawabnya “ sangat bisa ”... trus bagaimana caranya?? Nah untuk itu akan kita bahas lebih jauh tentang blog.

Blog merupakan kependekan dari weblog, dan weblog merupakan kependekan dari “Logging The Web”. Berarti blog kependekan dari “Logging The Web” donk??? Y pikir aj ndiri..hehehe.. Pada awalnya blog merupakan diary online seseorang mengenai pendapat, opini, dan apapun itu dalam bentuk yang dipublikasikan secara online (menggunakan website). Salah seorang pioneer dari internet-based journalist ini adalah Justin Hall, yang melakukan membuat online diarynya Justin Links From The Underground ketika dia masih merupakan pelajar dari Swarthmore College.
Pada Agustus 1999 sebuah perusahaan Silicon Valley bernama Pyra Lab meluncurkan layanan Blogger.com yang memungkinkan siapa pun dengan pengetahuan dasar tentang HTML dapat menciptakan Blog-nya sendiri secara online dan gratis. Walaupun sebelum itu (Juli 1999) layanan membuat Blog online dan gratis yaitu Pitas telah ada dan telah membuat Blogger bertambah hingga ratusan, tetapi jumlah Blog tidak pernah bertambah banyak begitu rupa sampai Blogger.com muncul di dunia per-blog-an.
Blogger.com sendiri saat ini telah memiliki Blogger yang menggunakan layanan mereka dengan pertumbuhan jumlah sekitar 20% per bulan. Blogger.com dan Pitas tentu tidak sendirian, layanan pembuat blog online diberikan pula oleh Grouksoup, Edit this Page dan juga Velocinews.
Sejak saat itu Blog kian hari kian bertambah hingga makin sulit untuk mengikutinya. Eatonweb Portal adalah salah satu daftar Blog terlengkap yang kini ada diantara daftar Blog lainnya. Ribuan Blog kemudian bermunculan dan masing-masing memilih topik bahasannya sendiri, dimulai dari bagaimana menjadi orangtua yang baik, hobi menonton film, topik politik, kesehatan, seks, olah raga, buku komik dan macam-macam lagi.
Secara singkatnya blog pada awal muncul merupakan diary online seseorang mengenai pendapat, opini, dan apapun itu dalam bentuk yang dipublikasikan secara online dan berevolusi menjadi tulisan seseorang dengan topik bahasannya sendiri, dimulai dari bagaimana menjadi orangtua yang baik, hobi menonton film, topik politik, kesehatan, seks, olah raga, buku komik dan macam-macam lagi.
Nah, jika tertarik untuk membuat blog, kalian bisa membuat blog dengan mengunjungi www.blogger.com atau www.wordpress.com , karena web ini memberikan layanan pembuatan blog secara cuma-cuma alias gratis...Seneng kan..... Kalau ingin tau caranya, bisa dilihat di artikel selanjutnya. Akan saya bahas cara membuat blog di Blogger.com dan Wordpress.com di artikel dengan judul “ cara membuat blog di blogger” dan “cara membuat blog di wordpress”


2 comments:

Anonymous said...

Klo tips yg mau nikah ada gk???

Aji Akbar Aligato said...

untuk tips yang mau nikah, nanti akan segera saya postingkan..saya ucapkan selamat buat pernikahannya y..semoga menjadi pasutri yang sakinah, mawadah dan warohmah...

Advertise

e>